Fungsi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Hidup ini penuh ketidak sengajaan, seorang Fujiko F Fujio mungkin secara tidak sengaja melihat kucing berwarna biru yang lagi main serong dengan bocah berkacamata kemudian dia terinspirasi menciptakan doraemon dan nobita, seorang sumanto yang terkenal karena kanibalisme, awalnya bisa jadi tidak sengaja menggigit dirinya karena lapar dan kemudian mengetahui bahwa daging manusia sangat enak namun karena tak mau menyakiti badannya sendiri akhirnya dia mencari daging dari manusia lain, atau juga seperti berita yang di tayangkan topik pagi antv, tentang seorang pemuda yang nekat membunuh kekasihnya sendiri dikarenakan sang kekasih hamil, mungkin pemuda tersebut juga tidak sengaja (tapi kalo ampe hamil mungkin lebih cocok dikatakan ketagihan).


Seperti mereka semua, secara tidak sengaja saat gue lagi dirazia polisi lalu lintas, yang minta diperlihatkan sim, stnk dan surat keterangan tidak mampu(sktm mah buat ngurus beasiswa), pandangan mata gue tertuju pada 1 lembar kartu exclusive yang hanya dimiliki oleh para manusia yang berumur 17 tahun ke atas, yaitu KTP. Sambil pak polisi ngecek kelengkapan, gue teruz berpikir-berpikir-berpikir (mirip jimmy neutron), akhirnya gue coba tanya ma bapak ini sapa tau aja bapak ini tau..lagian biar suasana gag basi dan sapa tau pak polisi ini juga hobi mancing dan beternak, kan bisa gue kasih saran dan gosip terhangat.

“pak, kira-kira fungsi ktp apa ?” tanya gue, dengan gaya mau niru alvin tapi rada mirip tukul arwana.
“buat bikin sim” jawab pak polisi, singkat padat, dan sepertinya kagak ada niat sama sekali buat berbincang-bincang ama gue.
“oh.....” timpal gue, males melanjutkannya setelah gue terawang dari tali pinggangnya, bapak ini “kayaknya” kagak punya hobi mancing atau baca komik.

Setelah semua dikembalikan gue melanjutkan perjalanan, dan terpikir untuk membuat artikel tentang FUNGSI KTP, dan setelah search diberbagai forum, diskusi dengan berbagai tokoh masyarakat dan alim ulama, serta meminta restu dari orang tua, gue dapat menyimpulkan beberapa fungsi utama ktp, diantaranya :

Mempermudah proses evakuasi dan
pendataan saat terjadi musibah/bencana alam
Tak dapat dipungkiri negara kita sangat mudah sekali terjadi bencana, dari mulai yang ulah manusia, sampai murni bencana alam. Dengan KTP anda dikenali jika becana tersebut merengut jiwa anda, atau ketika saat pengungsiaan anda bisa mendapat bantuan sembako dan mie instan serta memudahkan petugas untuk pendataan kerusakaan materi dan moral.

Tanda Pengenal Saat Kecelakaan
Jalan raya adalah kubururan bagi sebagian orang yang tidak beruntung, gunakan helm saat berkendara, dan kencangkan sabuk pengaman anda untuk menimalisir hal yang tidak diinginkan (kok jadi mirip iklan layanan masyrakat),,, okeh tapi intinya dengan KTP, saat anda mengalami tabrakan atau kecelakaan yang mengeluarkan literan darah, para petugas medis bisa mengetahui golongan darah dan alamat anda, serta nama anda. Sangat berguna bukan ? bahkan jika mati, langsung bisa dikenali.... hebat dah pokoknya! (NB: meski perlu diingat golongan darah di KTP jarang ada yang PAS, contohnya ane 2 kali buat KTP golongan darah yang seharusnya B jadi O, gag ngerti dah ama orang kelurahan).

Barang Jaminan
Ada lapar ? tidak punya uang ? silahkan datang kerumah makan padang terdekat, dan bayarlah dengan jaminan KTP anda, dan mungkin ada 3 kemungkinan yang anda dapat : dipaksa bayar, disuruh cuci piring atau dibawa ke kantor polisi dan dijerat Pasal 363 tentang penipuan dan 268 tentang penyodomian.
Okeh, mungkin gag seperti itu tapi dengan KTP anda bisa memimnjam VCD atau DVD dirental-rental terdekat (tentunya dengan membayar) dan KTP juga bisa dipakai sebagai jaminan untuk menyewa Mobil (tentunya juga dengan membayar uang sewa mobilnya, kalo mau gag bayar kagak usah nyewa, beli mobil aja).

Memastikan Agama
KTP juga berguna saat kita merasa bingung dengan agama sih kita ?, meskipun bagi sebagian masyarakat kolom agama itu terlalu primitif ,tapi ada juga masyarakat yang tidak jelas ntah apa agamanya bisa mengetahuinya hanya dengan melihat KTP, mudah bukan ?

Tanda Masuk ke Diskotik
Ane kagak pernah ke diskotik, tapi menurut sebagian orang KTP paling sangat dibutuhkan ketika memasuki ke tempat seperti itu, katanya sih menunjukan bahwa kita sudah dewasa. (meski umumnya, kita sudah mengalami dewasa kelamin sebelum dewasa tubuh)

Buat Nonton Bioskop Yang ada Label 17+ atau Dewasa
Film indonesia di 4 tahun belakangan ini semakin aneh saja, dibilang horor lebih mirip filim bokep, dibilang genrenya komedi adegan difilmnya sex-scene semua, aneh memang. Nah, KTP bisa membuktikan bahwa kita sudah layak menonton film tak bermutu tersebut. Sapa tau nasib kita tak mujur ketika nonton film ada gerombolan ormas yang merazia kita, kita bisa meyakinkan mereka bahwa kita rela dan ikhlas serta tanpa paksaan oknum manapun untuk membuang uang 30ribu demi menonton film gak penting seperti itu.
Memang sih, gag mungkin banget kejadian seperti itu tapi... coba kita ingat pas film virgin perdana diputar dibioskop dan sempat buat heboh dan penonton hanya boleh 21+, KTP sangat berfungsi bukan ? (tapi heran, kok film2 sekarang kagak ada periksa KTP, seperti itu lagi, padahal yang biasanya nonton film mustajab itu anak-anak smp atau sma yang gag negerti-ngerti, bahaya!.. ya Allah selamatkanlah negeri ini)

Kartu Identitas
Mungkin diantara teman anda, ada yang sok british (atau kebarat-baratan) coba periksa dompatnya apakah dia memiliki KTP ? jika ia, cepat teriakan Takbir 4x ke telingannya dan sesungguhnya iya telah mati (extrem amat dah. Yah gag seperah maaf separah itu, tapi melihat abg sekarang yang ngomong dikit-dikit nyerempet ada english-englishnya dikit (meski Cuma whateper, fu*k, su*k, atau good bye) itu membuktikan bahwa BANGSA KITA MENGALAMI KRISIS IDENTITAS DAN JATI DIRI!!!!.
Artinya dengan KTP atau Kartu Tanda Penduduk, bisa membuat kita sadar kita ini orang indonesia ngapain belagak kebarat-baratan toh rendang padang ama soto betawi masih enak rasanya.
Lalu bagaimana dengan orang yang tidak punya KTP ? yah, tidak masalah dia sok british, toh dia kan belum punya jati diri, dan belum dianggap warga negara indonesia, serta namanya tidak ada dicatatan sipil.

Banyak banget ternyata fungsi KTP yah, ayo... cepat buat KTP sekarang juga, 2 anak lebih baik loh.

Nah, kedepanya ane punya beberapa angan-angan agar KTP dimata masyarakat lebih bermanfaat misalnya seperti :
- Dengan KTP bisa mendapatkan diskon dipusat perbelanjaan tertentu, seperti gramedia, careffour, atau indomaret (5% aja cukup)
- KTP bisa dijadikan pembuktian bahwa masyarakat yang kurang mampu, sehingga saat berobat ke rumah sakit cukup membawa KTP gak perlu repot-repot ngurus surat miskin, dan jual akte tanah ke makelar (tapi, gmana caranya biar pihak rumah sakit tau neh KTP buat orang miskin, kagak mungkin diKTP dilampirkan kata-kata “hidupnya susah, mohon dibantu” gag keren amat dah)
- Dengan hanya bermodal KTP bisa keluar negeri tanpa harus ngurus-ngurus paspor.
- KTP bisa dijadikan mas kawin (hahahahaha.....)

Mudah-mudahan angan-angan saya tidak menjadi kenyataan.

Related Post



ichsan mengatakan...

wkwkkw nice share

Anonim mengatakan...

beuuhh... bagus bgt artikelnya.. ijin copas gan, sumber pasti disertakan... thx...

Anonim mengatakan...

hahaha,,agan bs aja.. bnr2 lucu gan.. ampe ngakak ane..

Anonim mengatakan...

HAHAHHAHAA... SETUJU BGT MA AGAN YANG SATU INI..!

ever mengatakan...

wkwkwkwkwk mantap gan bikin goyang perut

Anonim mengatakan...

Mantap gan...
Mw share d fb ya :D

Anonim mengatakan...

Wkwkwk..
Muantaf bener..

Anonim mengatakan...

Kreatif banget gan!!!

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkwkwk . . . mantabh . .

emo mengatakan...

sep.....berbakat agan ini....

gerung mengatakan...

gara gara pa polis deeh jadinya!!!

Amas Hariska AP mengatakan...

lucu dan brkulaitas ni artikel nya. mantap. soalnya jadi inget ma ktp sendiri yang udah mati 8 bulan he he he kaka kak...

Indonesia Hits mengatakan...

nice post..

AKURNEWS mengatakan...

waduwh, aneh2 aja kmu gan!! tapi sip dah,,,

Anonim mengatakan...

Plesetannya garing tapi bermutu!! Ane ketawa-ketiwi sendiri di depan monitor, mana di warnet umum lagi. Sialan! Bisa-an pisan ni bloger.

Anggie Hsb mengatakan...

emang nih KTP buat ribet ajah, dulu ajah wkt 18 tahon,ane ngerasa seneng bener krn KTP pertanda ane dewasa,,wakakakaka

chichachichuuu mengatakan...

satu lg gan kegunaan KTP,
NGIDUPIN ANAK ISTRI PETUGAS KELURAHAN,
hihihi,
seru, mantappp

wewe mengatakan...

nice post....bikin ngakak

A.AKBAR mengatakan...

EH klo pengguna KTP di dua daerah gmna?
contohnya ya
dy tinggal di 1 daerah mau buat KTP trus mau buat satu KTP di daerah lain bisa ngk?
share dong ya ke email
a.akbaarr@gmail.com
www.facebook.com/abar14
www.twitter.com/akbbbar

bantu ya :) thanks gan

izal mengatakan...

yg jelas biar bisa ngutang low ban mobil njedot di jalan,,,,

Anonim mengatakan...

Yoinkkkkkkkkkk

iGoPage mengatakan...

Wakaakakkakkak,,....

Mantap Dar, koq gak ngeblog lagi sih,..
Mampir ke website aq ya bro,..

http://www.igopage.com/

Jun

igoy mengatakan...

Tumben nih gw baca artikel bisa ngakak,
nice info buat sedikit penulisan gw, gw minta izin copas ambil yg penting"nya aja yaa gan..
thanks,,

Poskan Komentar

udah dibaca wajib komen.......